Powered By Blogger

Jumat, 16 Mei 2014

Pineapple Tart Pie




Dalam rangka ultah adik tercinta...rencana emang bikin sesuatu yang beda, lain daripada tahun-tahun sebelumnya. Bosen dengan birthday cake yang gitu-gitu aja...akhirnya bikin kue yang satu ini. Kue ini sebenarnya kue jadul jaman kita-kita masih kecil, kalo pas ultah pasti dibikinin sama kakek, kue yang mirip seperti yang aku buat hari ini. Aku bilang mirip, karena memang aku tidak memegang resep aslinya, bahkan untuk namanya pun aku tidak tahu persis...hihihihi...aneh juga yah?

Berbekal sisa-sisa memori jaman dulu, akhirnya jadilah kue yang aku bilang lumayan mirip dengan buatan kakek jaman kita masih kecil dulu. Prinsipnya adalah perpaduan 3 item yang dipadu jadi satu, yaitu kulit pie, selai nanas dan butter cream,  hingga menghasilkan kue yang renyah di luar dan legit di dalam...hmm..so yummy...





 Berikut resepnya untuk yang mau nyoba bikin...monggo....


PINEAPPLE TART PIE


Bahan:

Pie:
100 gr mentega
2 kuning telur
4 sdm air es
40 gr gula halus
1/4 sdt garam
200 tepung protein sedang
1/2 sdt vanili

Selai Nanas:
2 bh nanas
300 gr gula pasir
1/2 sdt garam
1 batang kayu manis ukuran besar

ButterCream:
250 gr MerryWhip
100 gr gula halus
4 sdm susu kental manis
1/2 sdt vanili


Cara membuat:

1. Kulit Pie: ayak tepung terigu dan campur dengan gula halus, garam dan vanili, kemudian buang lubang di tengahnya, masukkan kuning telur dan air es. Campur hingga rata, kemudian masukkan kulkas kurang lebih 10 menit.
2. Selai nanas: parut nanas, masukkan ke dalam panci dan rebus. Aduk-aduk sampai hampir mendidih, kemudian masukkan gula pasir, garam dan kayu manis. Aduk terus hingga selai mengental dan air menyusut. Angkat dan dinginkan.
3. Buttercream: Kocok MerryWhip hingga lembut, masukkan gula halus yang sudah diayak  sambil dimixer lagi, tambahkan susu kental manis dan vanili. Mixer terus hingga didapatkan konsistensi butter cream yang diinginkan.
5. Penyelesaian: siapkan kulit pie, isi dengan selai nanas hingga rata, kemudian hias atasnya dengan butter cream

** Untuk yang tidak suka manis, takaran gula halus dalam butter cream bisa dikurangi, menyesuaikan dengan selai nanas yang kita hasilkan.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar