Powered By Blogger

Jumat, 30 Mei 2014

Bolu Kukus Pelangi- KARA


Gara-gara penasaran sama motif loyang silikon yang sudah lama aku beli, dan tertarik dengan resep Bolu Kukus Pelangi di resep santan kelapa siap pakai, KARA ini, aku coba-coba untuk bereksperimen dengan warna-warna yang ngejreng. Di resep aslinya cuma ada 2 warna dengan pasta yang berbeda, tapi aku mencoba bikin dengan 3 warna dengan 1 jenis pasta saja, yaitu pandan. Cobain bikin yuuukk...enak looh bolu kukus yang satu ini....dengan bahan yang se-simple ini, ternyata kita bisa bikin camilan yang enak dan pasti disuka keluarga...




Bahan:

100 ml santan KARA
50 ml minyak goreng
225 gr gula pasir -------------aku 200 gr
4 btr telur
200 gr tepung protein sedang
1/2 sdm SP/TBM
1/2 sdt vanili bubuk
pasta pandan
pasta strawberry-------------aku tidak pakai

tambahan dari aku:
pewarna merah muda
pewarna kuning

Cara membuat:

1. Kocok gula, telur, SP/TBM dan vanili bubuk sampai pucat dan kaku kurang lebih 15 menit ( kalau aku 10 menit dimixer, adonan sudah kaku)
2. Masukkan tepung terigu, aduk hingga rata, kemudian masukkan minyak goreng dan santan sambil diaduk balik


3. Ambil sebagian adonan, masukkan dalam 3 mangkok kecil, mangkok pertama beri pasta pandan, mangkok kedua beri pewarna kuning, mangkok ketiga beri pewarna merah muda, dan sisanya biarkan tetap putih.



 4. Masukkan adonan hijau, kuning dan merah masing-masing ke dalam pipping bag



5. Ambil cetakan yang sudah diolesi dengan minyak goreng, masukkan adonan selang seling hijau-merah muda-kuning sampai bagian bawah cetakan tertutup adonan. Masukkan dalam klakat yang telah dipanaskan. Kukus selama 5 menit dengan api sedang.




6. Masukkan adonan selang seling di atas adonan yang tadi dengan posisi loyang tetap di atas klakat. Kukus lagi selama 5 menit



7. Masukkan adonan yang berwarna putih, kemudian tuang sisa adonan yang berwarna hijau, kuning, dan merah muda di atasnya. Dengan bantuan lidi, putar-putar adonan sehingga terbentuk motif marmer. Kukus lagi selama kurang lebih 35 menit atau hingga kue matang. Lakukan tes tusuk.




8. Angkat dan segera balik di cooling rack



9. Selamat mencoba.....
























2 komentar:

  1. wow keren n kreatif bingits :) ijin copas ya mbak resepnya

    BalasHapus